Bluetooth


Mengenal Teknologi Bluetooth
Bluetooth adalah sebuah teknologi komunikasi wireless (tanpa kabel) yang beroperasi dalam pita frekuens i 2,4 GHz unlicensed ISM (Industrial, Scientific and Medical) dengan menggunakan sebuah frequency hopping tranceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas. 

Bluetooth merupakan  sebuah radio jarak pendek sistem transmisi yang berguna untuk  mengirimkan data antara perangkat elektronik. Dikembangkan pada pertengahan 1990-an, Bluetooth telah menjadi fitur hampir di mana-mana dari berbagai jenis perangkat elektronik. Hari ini di pusat dari upaya terhadap komunikasi nirkabel antara perangkat. Meskipun popularitasnya, keprihatinan berlama-lama tentang keamanan transmisi yang dikirim menggunakan Bluetooth mengelilingi teknologi.

Tujuan awal pembuatan Bluetooth
Bluetooth dikembangkan pada 1994 oleh insinyur Swedia Jaap Haartsen dan Sven Mattisson. Empat tahun setelah mengembangkan protokol, Bluetooth Special Interest Group (SIG) didirikan, yang memungkinkan perusahaan dengan kepemilikan saham dalam memproduksi perangkat Bluetooth mampu untuk menyinkronkan usaha mereka dan menggunakan standar umum.
Pada saat Bluetooth dirancang, Haartsen dan Mattisson dipekerjakan oleh Ericsson Mobile Platform. Visi awal untuk Bluetooth adalah bahwa hal itu akan memberikan alternatif nirkabel untuk kabel data RS232, yang kemudian umum untuk menghubungkan komputer ke monitor dan printer.
Bluetooth Digunakan pada Ponsel
Seperti teknologi Bluetooth disaring dan versi baru dari protokol operasi ditawarkan, potensinya sebagai sarana telekomunikasi menjadi jelas. produsen ponsel Cell bergabung Bluetooth SIG dan mulai menggunakan teknologi untuk memungkinkan ponsel berfungsi dengan perangkat handsfree nirkabel, seperti headset. Dalam kasus ini, jarak pendek Bluetooth dan kebutuhan daya yang rendah yang ideal. pengguna telepon Cell bisa menjaga ponsel mereka di saku atau di dekatnya, dan headset dapat menerima dan mengirim sinyal nirkabel. Karena ada sedikit kebutuhan untuk sinyal untuk perjalanan lebih dari beberapa kaki, bahkan terendah-powered Bluetooth kelas (dikenal sebagai Kelas 3, dengan jangkauan efektif 1 meter) dapat digunakan, sehingga hanya memerlukan daya minimal dari telepon sel baterai. Untuk aplikasi lain, Kelas 2 (10 meter) dan Kelas 1 (100 meter) pilihan yang lebih praktis, meskipun perangkat yang terlibat lebih banyak kemampuan untuk mengirim dan menerima sinyal.


Bluetooth Aksesoris Komputer
Sementara ponsel adalah salah satu perangkat konsumen pertama yang menggunakan teknologi Bluetooth berat, komputer aksesoris berada jauh di belakang. Mouse, keyboard, printer, dan dalam beberapa kasus dan speaker PDA semua dibangun dengan adapter Bluetooth internal, yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi secara nirkabel dengan komputer terdekat yang juga dilengkapi. Sementara sebagian besar produsen komputer besar mulai termasuk adapter Bluetooth pada model-model baru mereka, USB Bluetooth dongle pergi di pasar sebagai cara yang mudah untuk menambah kemampuan Bluetooth ke komputer dengan port USB.
Selain digunakan untuk komunikasi antara komputer dan aksesorisnya, Bluetooth juga berguna untuk komunikasi antar komputer, selama jumlah data yang dikirim antar komputer masih kecil.
Bluetooth Penggunaan lainnya
teknologi Bluetooth terus diterapkan dalam situasi yang baru. Bluetooth dapat digunakan sebagai sambungan kecepatan rendah ke Internet, memungkinkan akses yang mungkin sudah tidak mungkin. Selain itu, produsen video game telah mulai menggunakan Bluetooth. Wireless controller untuk Nintendo Wii dan Sony PlayStation 3 menggunakan kedua Bluetooth. Di sini produsen video game telah mengambil keuntungan dari fakta bahwa Bluetooth menggunakan transmisi radio, yang berarti bahwa tidak ada kebutuhan untuk garis yang jelas dari pandangan antara dua perangkat (seperti yang terjadi dengan kontroler nirkabel sebelumnya inframerah-based). Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengalami berbagai gerak sambil mengontrol avatar mereka, bahkan jika controller tidak menunjuk pada permainan konsol.
Mengamankan Bluetooth
Seperti halnya komunikasi nirkabel, keamanan data sedang dikirim melalui Bluetooth adalah titik perhatian. Sebagian besar perangkat harus “dipasangkan” sebelum mereka akan beroperasi. Ini melibatkan memasukkan kode ke dalam kedua perangkat, dan mencegah perangkat sejenis untuk masuk ke jaringan bahkan jika mereka dibawa dalam jangkauan. Untuk mengatasi beberapa masalah keamanan, pada tahun 2008, sebuah “Panduan Keamanan Bluetooth” dirilis oleh Institut Nasional Standar dan Teknologi (NIST). Dokumen ini dimaksudkan untuk memandu produsen perangkat Bluetooth serta mempengaruhi perkembangan lebih lanjut dari protokol Bluetooth masa depan.

Beberapa istilah muncul untuk merujuk pada pelanggaran jaringan Bluetooth. “Bluejacking” didefinisikan sebagai transmisi data yang tidak diinginkan pada perangkat Bluetooth. Lebih berbahaya adalah “Bluesnarfing,” yang melibatkan pengaksesan dan menghapus data dari perangkat Bluetooth.

0 komentar:

Posting Komentar